Rabu, 06 November 2013

Fakultas Sastra

Fakultas sastra memiliki Program Studi Sastra Inggris, Program Studi (PS) Sastra Inggris adalah Jurusan Termuda di Universitas Dehasen Bengkulu. Fakultas ini terbentuk pada tahun 2008 bersamaan dengan resmi berdirinya Universitas Dehasen Bengkulu.
PS S1 Jurusan Sastra Inggris ini sekarang diampu oleh staf  pengajar tetap dengan kualifikasi  S2, S1 , dan beberapa orang pengajar tidak tetap untuk mengajarkan keterampilan kewirausahaan dan pengajaran  bahasa Jepang. Staf pengajar ini terbagi dalam 2 kelompok ilmu: kelompok ilmu bahasa (linguistik) dan kelompok ilmu sastra.
Dengan mengedepankan penciiri khas “studi banding” antara kelompok ilmu yang berwawasan nasional dan daerah di satu sisi dan berwawasan Inggris di sisi lain, PS S1 Jurusan Inggris berusaha menghadapi tantangan kebutuhan kompetensi dalam transfer teknologi dan budaya di era globalisasi.
Untuk menyelesaikan studi pada PS S1 Jurusan Sastra Inggris ini, seorang mahasiswa wajib menempuh 146 SKS. Jumlah ini telah mencakup PKL (4 SKS) dan Skripsi (6 SKS). Lama masa studi yang dibutuhkan berkisar antara 4 sampai paling lama 7 tahun.
VISI PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS
Terwujudnya Program studi S1 Jurusan Sastra Inggris sebagai program studi yang mencetak lulusan berwawasan internasional dan mandiri dengan tetap menjunjung tinggi kepribadian bangsa pada tahun 2018
MISI PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS
Sehubungan dengan aproksimasi  visi PS S1 Sastra Inggris  tersebut di atas, maka perlu diambil langkah kongkrit, yakni :
  1. Melaksanakan Kurikulum yang pada intinya merupakan strategi pembelajaran berbasis kompetensi yang mencakup bidang ketrampilan berbahasa Inggris dan peningkatan kompetensi  dalam bidang kebahasaan, kesusatraan dan kebudayaan inggris pada khususnya dan masyarakat internasional pada umumnya
  2. Meningkatan kompetensi studi interpretatif dalam bidang kebahasaan dan kesastraan  Inggris serta mengajarkan materi-materi ketrampilan profesional praktis non akademik di bidang kebahasaan, kesusastraan Inggris.
  3. Melaksanakan pembinaan melalui penyediaan sarana, prasarana dan wahana serta proses yang efektif dan terintegrasi dalam berbagai aktivitas yang berkaitan dengan bidang kebahasaan,kesusastraan dan kebudayaan inggris pada khususnya dan masyarakat internasional pada umumnya dalam rangka menghasilkan tenaga ahli kebahasaan yang memiliki ciri keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, bermoral luhur, didasari oleh rasa pengabdian yang tulus kepada Tuhan Yang Maha Esa, bangsa, negara dan semua manusia, serta menanamkan rasa kebanggaan dan kecintaan kepada almama
TUJUAN PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS
Tujuan Program Studi Sastra Inggris Universitas Dehasen Bengkulu adalah menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk :
  1. Memahami Konsep kebahasaan, kesusasteraan dan kebudayaan Inggris pada khususnya dan masyarakat Internasional pada umumnya.
  2. Menerapkan dan mengaplikasikan kompetensi yang dimiliki sehingga mampu mengembangkan dan mengaplikasikannya dalam dunia kewirausahaan dan juga mampu memenuhi kebutuhan tenaga ahli dalam bidangnya.
  3. Bertanggung jawab dalam mengembangkan dan memberdayakan lingkungan masyarakat dan bangsanya.
  
PROFIL LULUSAN
Lulusan PS S1 Jurusan Sastra Inggris dapat bekerja hampir disetiap sektor pekerjaan, baik pemerintah maupun swasta, utamanya yang memerlukan jasa kebahasaan untuk transfer teknologi dan budaya. Para lulusan dapat bekerja di Departemen Pendidikan, Departemen Luar Negeri, Departemen Dalam Negeri, Departemen Perdagangan, Lembaga Kewirausahaan Swasta / Asing, dan sektor–sektor pekerjaan, serta kewirausahaan lain yang memerlukan jasa kebahasaan. Dengan sensitivitas tinggi mereka dapat meningkatkan kompetensi dalam bidang–bidang kerja yang mereka tekuni, sehingga kesempatan untuk meraih prestasi kerja selalu terbuka dalam upaya peningkatan karier mereka .
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar